SIMAK UI S2 2022

Selamat siang teman-teman semua. Judulnya beda ya dengan judul yang biasanya ada di blog ini. Jadi, setelah sekian lama saia berpikir, ada baiknya saia share pengalaman saia ikut SIMAK UI S2 2022 di blog ini agar tulisan ini dapat berguna bagi teman-teman yang memerlukan informasi lebih jauh karena pengalaman saia untuk mencari informasi yang saia butuhkan itu masih minimal, jadi semoga saja tulisan ini berguna untuk teman-teman semua ya.

Jadi awal ceritanya, setelah melalui pemikiran panjang, saia memutuskan untuk lanjut S2. Awalnya saia mau ambil jurusan Pasar Modal yang notabene masuk dalam kategori MM (Magister Manajemen). Saia cek-cek yang MM Pasar Modal hanya di 2 kampus, yakni UI dan Trisakti. Waktu cek waktu pendaftaran, UI ujian hari Minggu sedangkan Trisakti ujian hari Sabtu. Bagi teman-teman yang mengenal saia, pasti tau dong saia akan memilih yang mana? Pastinya memilih UI karena ujian hari Minggu, seandainya Trisakti ada ujian hari Minggu, saia juga pastinya akan ikut ujian disana.

Setelah melalui pertimbangan yang matang (haha) antara MM Pasar Modal, Perbankan, Risk Management dan MAKSI (sempat kepikiran MAKSI-PPAk), akhirnya di tahun 2022 ini saia memilih MAKSI saja…Awalnya rencana mau ikut ujian SIMAK yang gelombang 1 di bulan Maret 2022, tapi saat itu keingetannya baru H-1, berdoa dulu kan yaaa, jadi intinya saia ga jadi ikut yang gelombang 1 dan memutuskan untuk ikutan yang gelombang 2 aja nantinya. Persiapan apa aja sih yang saia lakukan? Nah, ini saia sudah ada ceritanya di video youtube saia, cekidot yaa, karena di video itu juga saia akan kasih semacam giveaway lah untuk teman-teman, yakni buku untuk belajar SIMAK secara free. Caranya gimana, bisa cek ke channel youtube ini ya : https://www.youtube.com/watch?v=7kDKzBJRWBM

Saia saat itu merasa perlu improve skill bahasa Inggris saia. Jadi, saat itu saia ikut IELTS. Tapi kok kyaknya IELTS kurang cucok ya untuk menghadapi SIMAK, jadi saia ikut TOEFL preparation di suatu lembaga (Ceritanya juga ada di youtube). Singkat cerita, saia ga gitu belajar TPA hanya memang tahun-tahun sebelumnya udah pernah belajar dari blog orang, video di youtube dan dari buku. Teman-teman wajib dan kudu hukumnya untuk belajar TPA ini ya, jangan ngikutin saia karena kan orang beda-beda cara belajarnya. TPA sendiri tidak dapat digampangin juga. Saia belajar TPA itu sejak 2018 (menggunakan soal-soal TPA 2009 yang ada di internet), lalu belajar lagi di 2021 (buku dan youtube), jadi pas 2022 saia merasa tidak perlu belajar lagi karena saia merasa sudah menguasai konsepnya. Tidak perlu menghafal soal yang ada di buku, tapi cukup tahu konsepnya seperti apa. Tahun-tahun lalu saia belajar TPA khusus untuk matematika sama orang yang ahli matematika agar bisa ngajarin saia bagaimana cara memecahkan soal yang sulit dalam waktu singkat. Kalau bagian TPA lain seperti analogi, itu harus sering-sering berlatih dengan berbagai macam soal. Untuk soal TPA tahun ini terutama untuk bagian matematika, tidak sesulit latihan soalnya…padahal sudah siap tempur loh menggarap soal-soal yang bikin keriting, ternyata tidak sesulit dan sekeriting soal latihan yang sudah dilatih bertahun-tahun (tapi jedanya lebih banyak daripada belajarnya)…haha….tapi, ada juga bagian yang gak keisi karena waktunya kurang. Kadang suka nyesel sih, iihh itu soal gampang kok nih otak ga cepet menggarap soalnya…gitu…hehe

Di bulan Juni 2022 tepatnya tanggal 19, saia ikutan ujian SIMAK. Ujian kali ini masih online, jadi perangkat ujian harus sudah ready dan siapkan juga device tambahan jika nantinya device utama yang kita gunakan memiliki kendala. Ujian dimulai tepat jam 08.00-10.00 WIB untuk TPA dan ada istirahat dari jam 10.00-10.30. Ujian bahasa Inggris dimulai dari jam 10.30-12.00. Jangan coba-coba untuk curang dengan melihat buku, searching di google atau nanya ke orang, karena ada kamera yang mengawasi gerak gerik kita. Biaya SIMAK tahun ini sebesar Rp. 1.200.000, jadi supaya ngga sia-sia uang pendaftarannya yang lumayan mahal ini, harus serius belajar. Soal untuk TPA (Tes Potensi Akademik) ada 100 dimana soal benar +4 , soal salah -1 dan jika tidak menjawab 0. Penilaian ini tidak berlaku untuk tes Bahasa Inggris ya. Jadi, untuk tes bahasa Inggris jawab aja semuanya, total 100 soal mirip banget soal-soal TOEFL. Kita ngga akan bisa balik ke soal sebelumnya jika waktu sudah habis. Soal TPA sendiri terdiri dari 3 atau 4 bagian gitu, lupa juga saia. Jadi, kalau bagian pertama sudah selesai waktunya dan saat mengerjakan bagian 2, kita tidak bisa balik ke bagian 1 ya. Seminggu kemudian saia dapat WA dan email kalau akan ada sesi wawancara dengan Psikolog dan juga Kaprodi/orang dari Prodi MAKSI yang ditunjuk. Di tanggal 15 Juli 2022, saia buka website dan……

Btw, kalau lihat ada tanggal dan hari ini, itu karena saia capture hari ini ya buat blog ini bukan baru dilihat hari ini pengumumannya….hehe

Eittt,,,,tapi bukan hanya ujian saja ya yang menentukan kelulusan kita, karena akan ada wawancara Psikolog dan Kaprodi/orang yang ditunjuk dari Prodi. Jadi, jarak antara tes SIMAK dan panggilan untuk interview itu sekitar seminggu, lalu sekitar dua minggu setelah interview baru deh ada pengumumannya. Saia baca-baca dan dari cerita orang-orang yang pernah ikut SIMAK, ada juga yang lolos sampai tahap wawancara, tapi hasil akhirnya tidak lolos.

Saat ini saia sudah daftar biaya kuliah dan kuliah akan mulai di tanggal 29 Agustus 2022. Biaya kuliah di transfer ke rekening-rekening yang ditunjuk ya dan sejumlah tersebut harus ditransfer saat itu juga, tidak ada istilah angsuran. Saia kurang paham ya apakah ada sistem angsuran tersebut, jadi mungkin yang mau tahu bisa langsung tanya ke Prodinya. Untuk menyikapi hal ini, teman-teman yang punya rencana untuk membiayai sendiri kuliahnya, harus menabung dengan cermat ya.

Sebelum kuliah dimulai, akan ada orientasi mahasiswa baru. Saia baca blog-blog lain terkait kapan diadakan orientasi, tidak ada informasi yang dapat dijadikan acuan, saia hanya baca berita-berita kalau biasanya diadakan di hari Sabtu. Wahh, sempet galau gitu kan dan berdoa terus semoga gak di hari Sabtu, kalau bisa Minggu saja atau hari kerja sekalian deh…hehe….dan ternyata doa saia dijawab, orientasi akan dilaksanakan hari Kamis, tanggal 11 Agustus 2022….bahagia banget deh dan kebetulan banget tanggal segitu saia memang sedang ambil cuti.

Kenapa sih saia ambil di UI? Selain alasan ujian bukan di hari Sabtu, saya juga lihat persyaratan ujiannya yang lebih mudah ketimbang di Perguruan Tinggi lain. Di UI kita isi pendaftaran (isiannya tidak banyak), upload dokumen ijazah dan transkrip setelah itu bayar uang pendaftaran. Di Perguruan Tinggi lain saia lihat, syarat pendaftarannya belibet dengan isian yang super duper panjang, dokumen yang sangat banyak untuk diupload serta mekanisme pendaftarannya yang menurut saia kurang friendly. Berhubung saia ini kuli yang gak mau mikirin hal-hal yang ribet lagi, jadi ya agak malas juga sih kalau pendaftaran sudah ribet begitu dan belum tentu lulus juga kan sudah ribet-ribet begitu (haha…jangan dicontoh kemalasan saia ini ya).

Sekian cerita saia terkait dengan ikutan SIMAK UI 2022, jika ada pertanyaan dapat tuliskan di kolom komen ya. Semangaatttt jadi anak mahasiswa lagi nih….haha…

Out of scope dari cerita ini nih : saia lagi cek-cek tiket untuk merencanakan perjalanan, pas klik klik ini itu, ehh kepikiran, kan sekarang kuliah lagi…trus, cek-cek info, kapan ya libur kuliah…haha….jiwa traveling memanggil, tapi apa daya lagi jadi mahasiswa yang kalau mau liburan harus cek jadwal libur kuliah dulu nih…cuti masih banyak tapi tidak didukung dengan jadwal libur kuliah…hehe….kuyy lahhh tetap SEMANGATTTT!!!!

Published by

My Journey My Story

Hobi menulis, traveling dan membaca buku. Memiliki cita-cita melihat berbagai bagian dunia dengan lebih dekat.

4 thoughts on “SIMAK UI S2 2022”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s