Pengalaman dengan Maskapai Cathay Pacific

Holaaaa….kembali lagi dengan saia di blog traveling saia ini. Karena pesawat adalah bagian dari traveling, maka saia akan cerita tentang salah satu maskapai yang membawa saia terbang ke benua biru alias Eropa. Saia akan cerita asal muasal kenapa memilih Cathay Pacific. Saia tidak dibayar sepeserpun untuk endorse maskapai ini ya, tapi ini adalah cerita saia pribadi, melihat lebih dekat berdasarkan pengalaman saia.

Saia gak inget kapan tepatnya waktu saia lihat iklan mengenai Cathay Pacific, pastinya waktu itu saia masih kecil, udah sekolah, sekitaran SD lah sepertinya. Entah mengapa saia terlihat begitu kagum dengan pesawat ini, pesawat yang masih asing di telinga saia karena ketika itu saia hanya pernah naik pesawat kebanggaan Indonesia saja. Saia ingat, waktu itu saia punya semacam buku catatan dan saia gambar pesawat di buku catatan itu. Tau gak apa yang saia tulis di badan pesawat gambar saia itu? Ya! Saia menulis CATHAY. Saia merasa terbosesi dengan maskapai ini entah karena apa. Sejujurnya ketika kecil, saia tidak pernah melihat pesawat ini di Bandara Soekarno-Hatta, tapi terus terngiang-ngiang dan sepertinya ngarep banget buat naik pesawat dengan nama Cathay Pacific.

Sejenak, impian itu berlalu. Hingga suatu saat di tahun 2015, saia and temen kantor berencana pergi ke Eropa. Sebenernya saia diajakin ke Eropa sama temen yang lain pada tahun 2015 itu, bulan Oktober, tapi saia gak kebagian tour karena udah full. Saia ajak temen kantor dan dia bilang, tahun depan aja supaya bisa nabung. Saia juga ajak sahabat sejak SMP, Cindy dan dia bilang juga tahun depan, akhirnya saia n the gank (bahasanya….hihiihihii) berencana tahun depan ke Eropa. Waktu itu janjiannya sama temen kantor, biarpun nanti ada sesuatu hal yang terjadi seperti ada yang kawin, hamil, punya anak, dll bukan alasan buat batalin ke Eropa. YES. DEAL!!! O iya, Cindy gak jadi ikut waktu itu, karena ada alasan yang sangat urgent.

Di tahun 2015 itu, temen-temen kantor ngadain arisan, jadi saia n temen saia itu, sebut saja namanya mbak Rini, nabung dari arisan (walaupun banyak dipake juga buat hal lain…xixixixi). Waktu itu mulai arisan Mei 2015 dan September awal mbak Rini resign dari kantor….hiks…hiks….nanya ke mbak Rini : “masih jadi gak nih Eropa?” dan mbak Rini bilang, “jadi donk”…nah, itu yang namanya komitmen, apapun yang terjadi, tetep ke tujuan awal, EROPA. Untungnya juga, ada rejeki dari akuisisi perusahaan yang lumayan banget.

Mei 2016, mulai hunting-hunting tiket. O iya, tadinya kan cuman berdua aja sama Mbak Rini dan ternyata ada temennya mbak Rini yang juga ikutan serta sodaranya, yaitu Mbak Yuli dan Om Chris…waaahhh, rame deh…jadi ada 4 orang. Kalau saia pribadi sih, gak masalah pakai maskapai apapun, tapi mbak Rini punya ciri-ciri maskapai yang dia gak mau, bukan masalah low cost or full service, mbak Rini mah orangnya asik-asik aja naik apapun, tapi ada ciri-ciri tertentu yang dia gak mau naik pesawat maskapai tertentu dengan alasan tersendiri, ya udah, saia mah sebagai anak buah ikut aja…hihihiihi…akhirnya mbak Rini milih Cathay Pacific. Seketika saia jadi gimanaaaa gitu denger Cathay. Gimananya itu yang gimana…hahahaha…pokoke ada something “feel” yang merayap dalam hati tapi gak tau juga apa “feel” itu.

Akhirnya, saia proses deh itu tiket buat 4 orang….legaaaa deh udah punya tiket pesawat, selangkah lagi menuju impian ke Eropa, o iya, sebelumnya pesen makanan “muslim meal” karena ngeri juga ntr kalo ternyata ada makanan yang mengandung pork. Tapi, sebenernya, bisa milih halal food lainnya sih, karena….. hehehehe, saia gak suka muslim mealnya, mungkin karena saia gak suka makanan kari or semacamnya. Sebagai contoh, kentang rebus aroma kari, kacang polong, daging kambing….kayak gitu deh…saia nda suka kambing, nda suka kari, jadinya saia gak suka makanannya,,,,,jadi pas ngeliat makanan itu di pesawat, saia berasa ada di padang pasir sambil dengerin lagunya Sherina yang jadi ost.nya Ayat-ayat Cinta. Kyaknya enakan klo standar aja deh, ga usah milih, yang penting halal. Makanan yang disajiin standar enak-enak loh. Waktu penerbangan dari Jakarta-Hongkong, asliiiiiiiiiii langsung nyesel banget milih makanan. Di Hongkong ke call center Cathay dan boleh loh penerbangan Hongkong-Amsterdam ganti ke makanan standar aja, dan makanannya enakkkkkkkkkk (maklum saia orangnya susah makan). Waktu saia mau urus makanan dari Paris ke Hongkong dan Hongkong-Jakarta, kata mbak-mbak CSnya diurus di Paris aja….ehhh, pas di Paris malah gak bisa, ktanya klo udah daftar ga boleh diganti, saia bilang kata mbak-mbak CS di Hongkong boleh, tapi teuteup loh, ga boleh sama si mbak-mbak di Paris…huuhuhu,,,,penerbangan long haul saia kelaparan.

Dari Paris ke Hongkong, saia ngeliat orang ada yang makan spaghetti dan ada juga chicken rice, sedangkan saia makan nasi lemak (tapi rasanya kyak gimanaaa gitu) dan udang. UDANG sodara-sodara!!! saia kan gak bisa makan udang!!! alhasil saia coba makan nasinya aja, yah mana enak, rasanya pait-pait gimana gitu, beda kayak nasi lemak yang di Malaysia. Alhasil, saia kelaperan tingkat berat, penumpang lainnya dapat roti, butter, ice cream, saia n Om Chris (kami berdua pulang duluan-maklum pegawai kecil :p) gak dapat. Saia protes ke Om Chris, kata Om Chris, jangan-jangan itu ice cream gak halal lagi…hah???? masa sih??? waktu ke Amsterdam kan saia makan ice creamnya…:'(

Waktu sampai di Hongkong, saia langsung melipir ke McD, alhasil laperrrrr banget, makan banyakkkk banget….sumpeeeeeeeeeeeee….kayaknya mendingan makanan biasa deh atau makanan lainnya. Sedih banget ngeliat orang bisa milih dari menu yang ditawarkan sedangkan saia harus kembali bergulat dengan kambing, kari, kentang rebus aroma padang pasir, kacang polong…..oalaaaaaaaa….Hongkong-Jakarta juga harus dijalani dengan sangat tabah, yahh, karena makanannya itu ya begitu deh…ehh, tapi bukan berarti saia bilang makanan di Cathay gak enak yahh, saia kan emang ga suka kambing, kari n the gank gitu, makanya saia gak suka, kalau yang suka pastinya bilang enak. Saia gak nyangka yang dimaksud muslim meal itu bener-bener kyak di Arab, kirain ya kyak nasi goreng telor ceplok (mimpi :p), mie goreng, dll intinya makanan halal, dimasak halal, gituuuuuuuu…gak pernah kepikiran kalau itu maksudnya makanan yang ada di Timur Tengah. Pelajaran dari sini, gak usah sok-sokan lah, makan yang standar aja, pilih yang halal. Pilihan makanan di Cathay itu banyak banget loh, ada mungkin lebih dari 10 jenis makanan, kyak muslim meal, kosher meal (kyaknya mendingan mesen ini yak, halal juga, non alcohol juga, pastinya gak ada udang, lele or makanan laut yang gak bersirip dan bersisik lainnya), vegetarian, dll.

Overall, saia suka banget naik Cathay. Bangkunya luas dan sebelnya saia baru tahu itu bangku bisa nyaman banget dipake tidur pas udah 2 jam lagi sampai bandara Amsterdam, eneg banget dehhh….belasan jam sakit pinggang tau-tau bangkunya bisa dimodif sampe bener-bener gak ganggu penumpang lainnya.

Awalnya belum mikir apa-apa nih sepulangnya dari Eropa. Baru kembali mikir lagi waktu bulan lalu saia n temen-temen rencana ke Jepang tahun depan. Ada temen nanya ke saia, enak gak naik Cathay, saia bilang enak, entertainment enak, bangku enak, makanan enak (makanan standar alias yang ditawarin tanpa special request). Setelah berpromosi mengenai Cathay, saia jadi inget impian saia di masa kecil dulu. Pengen banget suatu saat naik Cathay dan saia bener-bener udah naik Cathay. Itulah baiknya Tuhan. Dia memeluk mimpi-mimpi kecil saia dulu ketika masih kecil. Dia memeluk mimpi saia ke Swiss dan Dia mengijinkan saia tidak hanya ke Swiss tapi juga ke belahan bumi Eropa lainnya. Dia mendengar impian saia yang tak pernah terkatakan untuk bisa naik Cathay dan Dia memberikan kesempatan itu secara bersama-sama. Cathay dan Swiss. Cathay membawa saia menuju impian kecil saia. Mimpi-mimpi mustahil saia di masa kecil kini menjadi nyata. Kemustahilan di mata manusia adalah ketidakmustahilan di mata Tuhan.

Cathay….love youuuuuuuuu!!!!

Published by

My Journey My Story

Hobi menulis, traveling dan membaca buku. Memiliki cita-cita melihat berbagai bagian dunia dengan lebih dekat.

Leave a comment