Visa Waiver Jepang

Selamat siang….hari ini¬†cerita saia mengenai visa waiver Jepang. Berhubung bulan depan saia akan ke Jepang, jadinya saia perlu visa. Untungnya, paspor saia udah e-paspor jadinya ga perlu submit dokumen lagi. Kemarin tanggal 28 Maret 2018, saia submit di Kedubes Jepang yang ada di Jl Thamrin. Sekarang untuk apply visa nggak ke Kedubes Jepang lagi, tetapi melalui agent JVAC di daerah Kuningan. Untuk e-paspor juga bisa ke JVAC tapi kena fee. Saia kemarin tidak ke JVAC, tetapi ke Kedubes Jepang di Thamrin. Prosesnya cepet, gak sampe 1 menit, hanya menyerahkan form isian dan paspor lalu dikasih kertas pengambilan paspor dan visa siang ini. Simple deh. Form isian bisa di download di website kedutaan¬†http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_07.html atau bisa juga diisi di Kedutaan. Isiannya simple kok, hanya 1 lembar.

waiver
Resi pengambilan visa siang ini

Untuk pengajuan visa di Kedubes, waktunya dari jam 8.30-12.00 dan pengambilannya jam 13.30-15.00. Kemarin saia ke kantor dulu, trus naik gojek. Untuk yang naik kendaraan umum, bisa naik Trans Jakarta turun di halte Sarinah (ini yang paling deket, karena halte busway BI lagi ada pembangunan MRT), jalan mundur ke Kedutaan Jepang. Kalau dari arah Dukuh atas, lurus terus aja dan letak Kedutaannya ada disebelah kiri.

Penjagaannya lumayan berlapis juga. Pertama ketemu satpam, diperiksa tas (untung saia ga bawa tas), lalu masuk tuker KTP untuk dapat ID card, lalu masuk ke ruangan lagi diperiksa lagi barang bawaan, masuk ruangan lagi dan sampailah di tempat pengajuan visa. Suasana gak begitu rame, biasa aja…nunggu juga tidak terlalu lama, proses cepat.

Hari ini saia jam 1 dari kantor menuju Japan Embassy, naik gojek. Siang ini super panas dan macet. Sesampainya di Kedutaan, udah ngantri panjang bener, akhirnya ngantrilah saia. Setelah sekitar setengah jam antri, masuklah saia. Masih sama, tuker KTP dengan ID card lalu ke ruangan diperiksa barang bawaan dan masuk lagi untuk menuju tempat pengambilan visa yang sama tempatnya ketika waktu daftar visa.

kartu
KTP dituker ID card seperti ini

Di dalam ruangan pengambilan visa ga begitu banyak orang. Ada beberapa agent travel yang suaranya lumayan kenceng untuk suasana pengambilan visa yang tenang. Ambil nomor antrian dan nunggu giliran.

tiket tunggu
Nomor antrian

Proses pemanggilan lumayan cepet dan lagi-lagi gak sampai satu menit per orang normalnya.

visa waiver
yipiiiiieeeee….visa waiver di tangan

Setelah nunggu giliran, dikasih paspor dan…..visa waiver telah menempel dengan manisnya. Untuk visa waiver di Kedutaan FREE ya..alias GRATIS.

Sekedar saran, kalau mau ambil visa jam 2an siang aja karena sepi dibanding saia yang jam setengah 2 siang datang. Hal ini dikarenakan, saia yang datang dari jam setengah 2 siang memiliki waktu yang lebih panjang dibanding temen saia yang datang jam 2an siang. Temen saia cuman 10 menit langsung keluar lagi dengan visa di tangan…hehehe…siang ini panas banget…super panas dan akhirnya pulang ke kantor naik Trans Jakarta. Welcome Japan…..

Advertisement