Si kecil yang kaya, Liechtenstein

Pasti nggak semua kenal dengan negara kecil penghuni benua biru antara Swiss dan Austria ini. Nama negara kecil ini adalah Liechtenstein. Saia sendiri sebenernya udah kenal nama negara kecil ini sewaktu SMP kalau ga salah yaa….kalau saia lihat di buku pintar seri Senior kala itu, negara kecil ini adalah negara yang sangat kaya, memiliki sumber penghasilan dari prangko. Waktu dulu baca-baca mengenai negara ini, negara ini tidak memiliki sumber daya seperti Indonesia yang sangat amat kaya. Dulu itu saya membayangkan, kok bisa ya ada negara yang bisa hidup dari filateli prangko gitu. Daaaannn yang bikin saia takjub ketika membaca buku pintar seri senior itu, tingkat baca tulis negara ini 100% yang artinya tidak ada yang buta huruf!!!! woowwwwwwwww….makin takjub aja sama negara kecil satu ini.

20161015_103919
Pusat kota Liechtenstein

Negara Liechtenstein itu mata uangnya Franc Swiss, tapi disini bisa juga loh bayar pakai Euro. Klo menurut saia sih, harga-harga barang di negara kecil nan kaya ini sangat mahal. Kalau misalnya di negara Eropa lainnya saia beli semacam wine glass tulisan negara itu sekitar 4-4,5 euro, kalau di sini bisa mencapai 7 euro!!! Saia juga beli coklat Swiss disini dan untuk 4 jenis coklat harganya bisa mencapai 100 USD…kenapa saia bilang mencapai 100 USD, karena saia tuker 100 USD ke Franc Swiss dan hanya sisa sekitar beberapa keping Franc Swiss yang jika dirupiahkan mungkin hanya sekitar 20rb Rupiah….miriiiiisssss….hehe

20161015_104746
Begaya di depan toko souvenir dan coklat Swiss

Tingkat kesejahteraan di negara kecil ini sangat tinggi. Dari segi pendapatan juga tinggi sepertinya, terlihat dari mahalnya barang-barang yang dijual di kota kecil ini. Negaranya tenang banget, pokoke bener-bener sepi deh.

Berkeliling dunia melihat hal-hal baru. Melihat hal-hal yang dulu hanya ada dalam buku. Bermimpi pun tidak pernah untuk melihat negara kecil ini. Dalam pikiran kecilku dulu, negara ini adalah sebuah negara yang terletak di puncak gunung yang hijau, dimana kedamaian ada di sana. Negara ini sepertinya memiliki kekerabatan yang dekat dengan Austria dan Swiss sehingga kedua negara ini dapat menjadi benteng pertahanan untuk negara kaya yang kecil ini.

Liechtenstein, negara yang pada saat pertama kali mendengarnya seperti tidak percaya. Tidak percaya ada negara yang bernama Liechtenstein di dunia ini. Kagum ada negara kecil yang penghasilannya dari prangko dan hal lainnya yang bukan sumber daya alam sangat amat kaya. Surprise ada negara yang 100% bisa baca tulis dan hal-hal lainnya yang menakjubkan.

Lihatlah lebih dekat, maka kita akan tahu. Tidak pernah bermimpi. Tidak pernah masuk dalam catatan perjalanan yang akan dilalui, tapi Tuhan mengijinkan saia untuk menginjakkan kaki di negara yang hanya sekilas saia baca ketika SMP dulu.

Jika Tuhan saja membuat saia bisa menginjakkan kaki di tempat dimana saia tidak pernah memimpikannya, apalagi dengan mimpi-mimpi yang disertai doa? Niscaya Tuhan akan mengabulkannya. Mungkin bukan hari ini, mungkin besok dan mungkin juga lusa. Yakinlah, bahwa rencana-Nya lebih indah dari apa yang kita pikirkan.

Author: lihatlah lebih dekat

Hobi menulis, traveling dan membaca buku. Memiliki cita-cita melihat berbagai bagian dunia dengan lebih dekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s