Candi Borobudur

Selamat siang. Selagi masih ada waktu, nulis lagi ahhh, teuteup masih seputar perjalanan ke Jogja. Rasa-rasanya gak afdol klo melipir ke Jogja tapi gak pergi ke salah satu yang waktu saia kecil dulu disebut sebagai 7 keajaiban dunia. Waktu sudah besar, saia baca kok gak ada Candi Borobudur di daftar 7 keajaiban dunia yah? Apa bisa berubah gitu kali yahh…ok deh, mari kita melipir ke Candi Borobudur.

 

54ac12be-6392-487e-b0e6-0f2317dabadb
Candi Borobudur

Banyak orang salah kaprah mengenai domisili dari Candi Borobudur ini. Candi Borobudur sebenarnya sudah masuk ke daerah Magelang bukan Jogja lagi, tapi orang suka salah kaprah dengan mengatakan kalau Candi Borobudur ini masuk kawasan Jogja. Candi ini banyak mengalami pemugaran sepertinya yah, walaupun dalam kapasitas yang gak gitu banyak. Menurut ceritanya sih, pernah terkena dampak letusan gunung apaaa gitu deh, jadinya banyak arca-arca yang gak sempurna lagi. Sayang banget yah. Untuk ukuran orang-orang yang membangun di abad ke-8 (bener gak yah? inget pelajaran SD abad ke-8 jaman Raja Syailendra) ini bangunan udah keren pake banget. Suasana siang hari panas banget, saia n keluarga kesini gak lewat pintu pengunjung tetapi lewat pintu yang khusus untuk kursi roda gitu, jadi medannya gak berat-berat banget meskipun tetep harus naik juga kalau mau lihat-lihat candinya.

 

2d01a898-4f1d-4615-981a-64bdf5666f99
Fotoan di icon tulisan Borobudur

Kalau mau ke Borobudur siap sedia topi atau payung, panas banget. Saia aja perkakasnya lengkap tuh kyak mau perang di siang hari aja…hahahaha

 

16139fe0-1bd4-4ad7-a112-f548c8c82056
pernah ngeliat foto kyak gini di TV or di majalah gitu, ternyata keren juga ya klo difoto sendiri gini

 

dbfee60c-20f6-449b-b4f3-555b7d6f4d25
Arca yang super besar di tengah-tengah candi

 

39cc7552-1057-4ca0-8730-99cf49a3fc67
gegayaan dlu lah :p

 

2c9bcecf-5c85-48c1-b8d2-caeea4151dea
di sepanjang tembok ini penuh dengan cerita gambar, gak ada tulisannya jadi saia gak tau juga sih cerita apa yang sedang diceritakan di dinding-dinding batu tersebut

 

cbd19969-4d70-45fa-b7c4-12d2ceef1dd9
biarlah dinding yang bercerita

 

49e088af-352e-49a6-bee8-85fcb7c84458
mareeee ambil candinya…hahahaha

Disini gak banyak orang foto. Klo kata yang jadi guide saia tuh, spot untuk pose kyak gini hanya diketahui oleh tukang foto aja. Ngomong-ngomong soal tukang foto, di era milenial kyak gini kasian aja yang jadi tukang foto karena kurang laku, secara kan tiap orang udah punya kamera hp canggih ya…beda kyak jaman dulu.

 

4155cebe-b1bc-44c7-96bb-bc18357945ae
yeayyyyyyyyy!!!! inilah Candi Borobudur

Saia hanya ke Candi Borobudur ini aja, kalau ke Prambanan, Roro Jonggrang, dll yang ada di Jogja udah pernah. Selain Candi Borobudur, saia juga ngelewatin Candi Mendut dan Candi Asu. Sekian dulu cerita saia yaa…nantikan episode selanjutnya masih tentang perjalanan Jogja 2018.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketep Pass

Holaaaa…masih seputaran perjalanan ke Jogja kemarin yaa. Hari Minggu tanggal 18 Februari 2018 mampir bentaran ke Ketep Pass. Sebelumnya ga gitu pernah denger ini tempat sih, ternyata disini tempatnya orang-orang kalau mau lihat Gunung Merapi. Ya, Gunung Merapi yang fenomenal itu bisa dilihat dari sini.

fc6c5f88-f596-435b-a376-40a1304b6f57
Gegayaan, naseebbb banyak orang yang juga ikut kefoto :p
42712e07-b756-4546-add0-0aa835dd419a
Gunung Merapi dilihat dari Ketep Pass. Puncak gunungnya diselimuti kabut, jadi ga gitu jelas terlihat.
900e19ab-9a51-464e-b718-b227d96bb873
Masih penampakan Gunung Merapi dilihat dari sisi samping

Disini banyak pengunjung, meski gak banyak-banyak juga sih. Ada orang yang nawarin melihat Merapi menggunakan teropong dengan biaya sewa Rp. 5000/setengah jam. Waktu nyoba teropongnya, biasa aja, kyaknya enakan ngeliat tanpa teropong deh.

6f0c0371-df6c-4602-983d-288dad277907
Wkwkwkwkk….kyak judul novel nih
9409e2fe-d65f-4741-84dd-ffcba3a9c679
Ini hanya lukisan, keren yah, kyak beneran gitu

Di sana ada museum tentang Merapi juga, lengkap dengan foto-fotonya yang keren. Seru juga jalan-jalan kesini. O iya, di sini udaranya kyak di Puncak meski gak dingin-dingin banget juga sih…hihihihi, tapi yang pasti sejuk.

9e2118e4-c564-4826-947c-a12634eeecd7
Bagi yang mau nonton film Merapi, disini ada semacam teater/bioskop yang akan memutar film tentang Merapi, biaya tiketnya Rp. 9000 begitu informasi yang saia dapat. Saia sendiri gak nonton sih.
f6e9c2d2-409d-4db3-9dd0-ec8a2f5ede6d
Sebelum balik pulang, gegayaan dulu lah 😀

Dari Ketep Pass ini, selain Merapi bisa juga melihat Gunung Merbabu, juga kawasan Boyolali. Seru juga nih kesini.