Cara apply visa Korea

Haiiiiiiiiii….cerita lagi nih, mumpung lagi ada waktu. Ini tulisan juga pernah ditulis di blog saia yang lain :  dan karena masih banyak juga yang suka tanya, jadi saia copas lagi disini. Sebagai gambaran, ini pengalaman saia waktu apply visa Korea tahun 2013 ya, jika ada tambahan atau update lainnya bisa sharing juga disini.

Ceki-ceki ceritanya yaaa (ada beberapa yang gak ada di blog asli saia, saia lengkapi disini supaya lebih jelas) :

Saia mau cerita dikit mengenai mengurus visa Korea sendiri….suatu ketika, saia bbm-an sama teman yang akan jadi temen seperjalanan ke Korea bulan Desember nanti…ceritanya, mba SA itu nawarin, mau pake travel apa ngga ngurus visanya….saia tanya donk, kira-kira berapaan klo pake travel…trus dia bilang 385rb…sebenernya sih saia ga keberatan segitu….tapi waktu dibilang jadinya dalam 12 hari kerja….wedeehhh jadi keder duluan…ngerinya nihhh, ga acc nunggunya lama lagi….jadi saia bilang ke mba SA klo coba ngurus sendiri aja dulu…masa sih Tuhan ga melindungi orang-orang yang berniat untuk berusaha…iya nggak?? Supaya ada pengalaman juga, gimana caranya ngurus visa sendiri…

Mulailah menyusun semua dokumen yang diperlukan. Sambil nanya-nanya juga sama pakar yang udah melanglang buana ke berbagai belahan dunia. Janjian ketemuan di Kedubes Korea di Thamrin (mba SA bilang di Gatsu, dari informasi yang saia dapat yang Gatsu itu Korut yang Thamrin itu Korsel – dan ternyata saia salah teman-teman!!!)

Bener ajaa…waktu pergi ke Thamrin, di reception nya dikasih tau klo Kedubes Korea udah pindah ke Gatsu….wedeehh, jadi ga enak nih sama mba SA, tapi namanya manusia kan..ga luput dari salah….:p (ngeles.com) Ke Gatsulah saia dan mba SA, mana bisnya yang bernomor 640 itu ngetem lama banget lagi, udah gitu di-oper ke bis lain dan bayar lagi!! Hadeeeehhh….

Setelah sampai di Kedubes Korea, ngikutin petunjuk arah untuk daftar visa, dapat antrian no 12…antrian yang udah jalan sampai no 9, lumayanlah ga antri-antri banget….ga berapa lama ngasih berkas, bayar 300 rb dan selesai dalam waktu 4 hari…sebelumnya disuruh telpon dulu…

H+4 saia nelpon dengan semangat pagi2….udah ke-geer-an aja, pasti di approve nih….ternyata waktu saia telpon, katanya masih dalam proses….wahh….was-was juga nih….saia telpon lagi siangnya dan katanya disuruh ambil hari itu…horaaayyyyy…

Berhubung mba SA nitip sama saia, jadilah saia yang ke sana sendirian….bener loh…ga pake lama….semuanya cepet dan taraaaaaaaaaa….visa di tangan!!! Akhirnyaaaaa….

Dari sini, jadi semangat buat bikin apa2 itu sendiri…ga ribet kok…itung2 belajar juga gimana cara ngurus dokumen2 secara mandiri, jadi kan ada bahan cerita buat teman2 semua….pokoke…ngurus visa sendiri itu mudah dan ga ribet dehh…coba aja…;)

Untuk dokumennya yang harus dilengkapi bisa dilihat di websitenya ya : http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp karena saia ikutin yang ada di websitenya deh. O iya, waktu itu saia gak diminta loh booking tiket pesawat dan hotel. Saia sertakan tuh booking pesawat tapi dibalikin, entah mengapa… tapi yang pasti APPROVED!!! Semangaaatttt…..

 

Author: lihatlah lebih dekat

Hobi menulis, traveling dan membaca buku. Memiliki cita-cita melihat berbagai bagian dunia dengan lebih dekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s